Ndeleng Njobo

Loading...

ngolak-ngalik data

Memuat...

Perawatan Kendaraan

Mendeteksi penyebab mesin panas susah hidup.
Ada beberapa kemungkinan penyebabnya, yaitu:
• Bila settingan karbu masih standar pabrik, bisa jadi penyebabnya karena kerenggangan klep berubah.
• Atau gap businya tak sesuai spesifikasi yang dianjurkan.
Memang pada waktu mesin dingin, ketidaktepatan clearance/gap kedua komponen itu masih mampu mengimbangi permintaan mesin. Tapi begitu suhu mesin meninggi, terjadi pemuaian yang menyebabkan spek-nya berubah melampaui batas ideal.
Tapi bila ternyata spesifikasi kedua part tersebut normal, kemungkinannya adalah pada sektor pengapian. Kalau pada sistem pengapiannya AC, bisa jadi sepul pengapiannya bermasalah.
Indikasi yang lain : Bisa dari koil yang sudah lemah atau pulser pengapiannya.
Saat mesin panas, lantaran kinerja koil sudah mulai tidak normal, biasanya koil akan ikutan panas. koil yang mudah panas biasanya akan membuat loncatan apinya jadi tidak setabil. Cara mengatasi bisa dicek secara manual. Yakni dengan melihat loncatan apinya dari kabel koil (dites waktu mesin lagi bermasalah susah hidup). Atau bisa juga dengan memeriksa tahanan koilnya. Yaitu antara 7,5 - 8 Ohm. Lebih atau kurang dari itu, akan membuat kinerja pengapian jadi tidak normal.. Tapi bila ternyata kondisi koilnya masih baik, untuk motor bersistem pengapian DC, kemungkinan lain bisa juga karena pulsernya mulai bermasalah. Sehingga waktu mesin panas, kemampuan mengirimkan pulsa pengapian menjadi tidak setabil. Untuk memastikannya harus dicek besar tahanannya pula.Kalau memang tahanannya sudah di luar batas normal, supaya diganti baru. Baik itu koil maupun pulser, tergantunga mana yang bermasalah.



Penyebab mesin tiger susah hidup
Mesin tiger susah hidup karena banyak faktor, jadi coba dicheck:
1. Cek pada baterai atau aki.
Tegangan aki harus paling kecil 12,4 volt. Jika tak sampai batas minimalnya yaitu 12,4 volt berarti tegangannya kurang. Akibat voltase kurang, motor starter pun gak mampu memutar as kruk minimal 700 rpm supaya mesin bisa bekerja. Pembakaran pun tak bisa terjadi. Motor susah hidup.
2. Pemeriksaan pada busi.
Sebagai komponen pemantik api untuk menyulut terjadinya pembakaran bisa jadi gak berfungsi maksimal. Api yang dihasilkan kecil sehingga gak mampu membakar campuran bahan bakar dan udara.
Ini bisa terjadi karena busi aus atau jaraknya melebihi 0,9 mm. Kalau ini terjadi berarti jarak kerenggangan elektroda busi harus dibuat rapat sampai 0,9 mm atau kurang.
3. Jangan pelintir gas sebelum motor Hidup.
Hal ini bisa menimbulkan masalah pada perangkat TPFC (Transient Power Fuel Control) alat yang akan bekerja menyemburkan bahan bakar pas gas dibuka.
Dengan memutar gas berulang-ulang sebelum mesin dihidupkan akan membuat bahan bakar yang dalam bentuk cair menumpuk di intake manifold atau ruang bakar. Elektroda busi pun bisa terkena semburan bahan bakar ini dan basah. Pas pembakaran, bahan bakar yang menumpuk ini akan membuat susah dibakar
4. Settingan karburator pada motor anda sudah tepat atau belum?
kalau belum pas,anda bisa setting ulang dengan menyalakan mesin lalu memutar jarum penyetel angin karburator searah jarum jam hingga mentok lalu diputar balik berlawanan dengan arah jarum jam sambil tahan 1/2 gas hingga dicari putaran yang suara motornya terdengar paling enak.
coba anda matikan mesin dan nyalakan lagi apakah sudah gampang dihidupkan atau belum.

Atasi Bunyi Berisik di Bodi Motor Bebek
Pemilik tunggangan bebek di atas 2 tahun, kerap kali merasa enggak nyaman dengan bunyi-bunyian di sekitar bodi. Nah setelah ditelusuri, suara bbrrr.. yang didengar timbul akibat bodi-bodi yang saling bergesekan akibat getaran mesin.
“Itu wajar, sebab varian bebek hampir 97% bagiannya diselimuti bodi plastik. Nah kalau sambungan antar bodi udah gak rapet, pasti menimbulkan bunyi bbrrr,”
Hal ini bisa terjadi di bodi bagian mana saja seperti cover headlamp, sayap samping dan cover stoplamp. Untuk itu, harus tahu dulu bagian mana yang menimbulkan bunyi, unyi getar di motor bebek gak jauh dari bagian yang disebutkan tadi.
Mau tahu cara atasinya? Langsung saja simak penjelasan Saya yang akan memberi contoh di Honda Supra X 125.
Oke, pertama cek bagian batok lampu. Di bagian ini, sambungan antara cover headlamp dan cover spidometer sering jadi sumber bunyi. Mengatasinya, cukup berikan double tape 3M yang tebalnya 2 mm di sepanjang cover headlamp bagian atas.
“Kalau masih kurang tebal, silakan berikan dua lapis,” tambah mekanik humoris ini. Lanjut ke bagian sayap samping. Bunyi getar pada sektor ini sering ditemui pada bebek yang pakai sayap tipe two piece seperti Suzuki Shogun SP dan Yamaha Vega R.
Solusinya, masih pakai 3M yang ditempel pada sambungan sayap. Tapi selain itu cek juga dudukan bodi yang ada di bagian sasis. Biasanya, bodi yang sering dibongkar pasang bisa menimbulkan gap yang akhirnya bakal menimbulkan bunyi bbrrr.
Kalau hal itu terjadi, pasangi karet bodi bawaan Honda Grand yang berbentuk donat pada dudukan bodi yang ada di sasis. Di pasaran peranti ini dijual seharga Rp 1.500-2.000-an per buah, silakan beli 5-10 buah.
Bagian lain yang juga sering menimbulkan bunyi adalah cover stoplamp. Kalau yang ini, biasanya karet penahan cover di bagian dalam sudah lapuk atau rusak,cara atasi hal itu bisa dilakukan dengan pakai busa dan dan double tape.
Pertama, tempelkan double tape di bagian dalam cover disusul dengan busa di tempat yang sama. Tujuannya agar peranti itu enggak bergesekan dengan stoplamp. Kalau sudah, dijamin bodi enggak akan terdengar bbrrr.. lagi kayak tag line iklan minuman ringan di televisi hehehe.....


Penyebab Getaran Mesin Terasa Ke Kabin
Mesin mobil yang menyala pastinya memang menimbulkan getaran pada mobil, tapi jika getaran yang dihasilkan oleh mesin sudah terasa hingga ke dalam kabin tentunya dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara, bahkan dapat membuat hingga kepala pening karena getarannya menimbulkan suara dengung yang tidak enak. Hal seperti ini biasanya terjadi pada saat putaran mesin rendah dan besar kemungkinan mulai dirasakan pada mobil yang umurnya sudah diatas 10 tahun. Mungkin SO mania termasuk salah satu pemilik mobil yang merasakan dan mengeluhkan hal ini. Terjadinya getaran mesin mobil yang terlalu besar hingga dirasakan sampai ke dalam kabin, penyebabnya adalah :
1. Settingan mesin tidak tepat
Settingan mesin jelas sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin, oleh karena itu settingan atau setelan mesin mobil, mulai dari timing pengapian, stasioner, katup haruslah dilakukan dengan tepat dan akurat. Karena jika tidak akurat dapat membuat putaran mesin berjalan tidak stabil yang ditandai dengan naik turunnya jarum RPM sehingga tidak dapat langsam. Jika hal ini terjadi otomatis getaran mesin akan terasa lebih besar.
2. Busi rusak dan suplai bensin tidak lancar
Busi yang sudah rusak dapat mengakibatkan pengapian tidak sempurna ataupun pincang dan suplai bensin yang tidak lancar juga menyebabkan mesin tersendat sendat, akibat dari kedua hal ini getaran mesin juga menjadi lebih besar.
3. Kampas kopling dan silinder mesin mulai aus
Kampas kopling yang aus menyebabkan penyaluran tenaga mesin tidak maksimal karena terjadi kopling selip. Akibat dari ini getaran pada girbox menjadi lebih besar dan membuat getaran mesin yang sangat besar hingga ke dalam kabin. Selain kopling, silinder atau piston yang mulai aus juga membuat mesin tidak bertenaga dan bergetar akibat piston yang sudah goyang.

4. Mounting mesin dan bantalannya bermasalah
Hal ini yang paling banyak menyebabkan getaran mesin mobil terasa hingga ke dalam kabin. Karena fungsinya dalam meredam getaran mesin agar tidak masuk ke kabin sangat besar. Umumnya getaran mesin yang masuk ke kabin terjadi dikarenakan baut mounting mesin ke sasis kendur atau bantalannya yang terbuat dari karet sudah pecah ataupun getas, sehingga guncangan dari mesin yang menyala tidak terkontrol teredam dengan baik.
Jadi, untuk mengatasi masalah getaran mesin yang terasa hingga kekabin, SO mania harus segera memeriksa bagian-bagian yang dapat menjadi penyebabnya, setelah mengetahui apa penyebabnya segera perbaiki atau mengganti komponen yang rusak atau memang sudah saatnya harus diganti. Tune Up mesin mobil secara teratur juga ampuh untuk menghindari terjadinya getaran mesin yang berlebih akibat kerusakan komponen mesin. Sebagai tambahan untuk meredam bising suara mesin, SO mania juga dapat menambahkan peredam tambahan khusus mobil yang biasanya terbuat dari bahan aspalt.




Mengatasi Tarikan Motor yang Berat
PALING tidak menyenangkan kalau tarikan sepeda motor yang kita kendarai berat atau lelet. Sebenarnya banyak faktor yang bisa menyebabkan tarikan mesin menjadi berat. Menurut Product Quality Monitoring (PQM) Subdept Head PT Daya Adira Mustika, Nasiman, beratnya tarikan mesin diakibatkan beberapa faktor. Oleh karena itu, pemilik sepeda motor disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara teliti.
"Banyak faktor yang memengaruhi kondisi tarikan berat. Apalagi kalau sepeda motomya sudah berumur dan digunakan untuk menempuh perjalanan yang panjang, ada komponen yang sudahaus dan perlu diganti," kata Nasiman.


Sejumlah indikator penyebab tarikan mesin berat adalah :
1. kopling slip atau sudah tipis.
2. kompresi lemah akibat dari klep bocor, ring seher lemah, dan banyak endapan karbon di ruang bakar.
3. sistem pengapian lemah karena busi sudah jelek, peranti CDi dan koil dalam kondisi lemah.
4. sistem bahan bakar yang tidak bekerja normal akibat dari karburator yang kotor atau tersumbat dan filter saringan udara kotor.
5. yang terakhir adalah pengaruh dari terganggunya kinerja sistem rem karena penyetelan yang tidak tepat.
Terkait dengan sektor mesin, banyak penyebab yang membuat kerak cepat menempel pada ruang bakar, seperti filter udara tidak ada sehingga debu dan kotoran dengan mudah dapat masuk ke dalam mesin kendaraan. Untuk itu, bersihkanlah ruang bakar kendaraan Anda supaya kerak hilang.
Kerak-kerak yang menempel pada ruang bakar juga dapat membuat linier pada rumah, piston tergesek dan menjadi aus. Bila terjadi aus, pelumas dari ruang karter akan naik ke ruang bakar dan mengakibatkan asap putih keluar dari knalpot.
Trik sederhana untuk mengatasi kampas kopling yang slip.
Jika ternyata kampas kopling belum terlalu aus bisa dengan cara merenggangkan per pada kopling gandanya. Namun, kalau sudah telanjur aus, tidak ada cara lain selain menggantinya.
Namun, walaupun kampas kopling sudah diganti dengan yang baru tetap saja masih terjadi selip. Kondisi itu bisa disebabkan per-per yang mendorong pelat-pelat kopling sudah lembek. Sebaiknya dilakukan penggantian per-per kopling tersebut dengan menggunakan suku cadang original.
”Untuk mendeteksi komponen CDI apakah masih bekerja atau tidak memang harus menggunakan alat ukur yaitu ohm meter dan volt meter. Mendeteksi dengan cara melihat percikan api output CDI yang dihubungkan dengan bodi bisa saja dilakukan, tetapi kurang akurat
Sebagai patokan nilai output dari CDI AC, rata-rata motor di Indonesia sekitar 30-48 V AC dengan syarat spul dan pikap koil dalam keadaan baik. Bila angkanya kurang dari itu, bisa diartikan peranti CDI bermasalah.
CDI yang bermasalah sebaiknya diganti agar kinerja sistem pengapian sepeda motor menjadi optimal lagi sehingga tarikan mesin bisa lebih baik